Rabu, 10 Maret 2021

Berbagai Masalah Lampu Rem Mobil dan Cara Mengatasinya

Lampu rem adalah lampu berwarna merah pada sisi belakang mobil yang hanya akan menyala setiap kali Anda menginjak pedal rem. Berfungsi untuk memberi tanda pada pengendara di belakang sehingga tabrak belakang dapat dihindari. Itulah sebabnya, semua kendaraan wajib untuk memilikinya, termasuk mobil baru yang Anda beli dengan memanfaatkan promo Xpander terbaik. Anda juga tidak disarankan untuk melakukan modifikasi pada bagian ini, apalagi jika merubah warnanya menjadi warna lain. Sebab dikhawatirkan akan menyebabkan pengendara lain tidak menyadari lampu rem Anda menyala akibat adanya modifikasi tersebut.


Selain masalah modifikasi, Anda juga harus memastikan bahwa lampu ini selalu dalam kondisi baik. Salah satunya yaitu dengan mengetahui berbagai masalah lampu rem mobil yang mungkin terjadi pada mobil Anda, penyebab, dan cara mengatasinya berikut ini:

1.      Satu lampu tidak menyala.

Setiap kendaraan beroda empat dilengkapi dengan tiga buah lampu rem mobil: satu di kap belakang dan dua di kiri-kanan bumper mobil. Matinya satu (atau dua) lampu rem mobil merupakan masalah yang paling sering ditemui oleh pemilik kendaraan. Persoalan ini biasanya disebabkan oleh rangkaian sekring lampu yang tidak berfungsi normal; bisa putus atau habis baterai. Bila Anda menemukan masalah ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek sekring lampu rem mobil. Lihat ketidakwajaran apa yang ada di sana, lalu ganti komponen tersebut atau bawa ke bengkel jika Anda kurang paham soal komponen ini.

2.      Bola lampu bermasalah.

Masalah umum lampu rem mobil selanjutnya adalah rusak atau pecahnya bola lampu. Untuk mengetahui kebenarannya, Anda bisa membuka bagasi mobil atau membuka sekrup pengunci lensa lampu rem. Selanjutnya, lepas bohlam dan perhatikan kondisinya. Jika bola lampu memang rusak atau pecah, warnanya akan menggelap. Tentu Anda perlu segera mengganti bohlam yang rusak atau pecah ini. Namun, jangan lupa untuk menukarnya dengan jenis dan watt bola lampu yang sama, ya.

3.      Tegangan tak wajar.

Tegangan tak wajar merupakan masalah lain yang kerap terjadi pada lampu rem mobil. Menurut laman Car from Japan, pangkal masalah ini adalah adanya sambungan soket bola lampu yang buruk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa tegangan bohlam terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan multimeter digital (DMM). Bila tegangan lampu benar tak wajar, Anda harus segera mengembalikannya ke tingkatan normal dengan mengganti kabel atau soket lampu.

4.      Semua lampu mati.

Matinya semua lampu rem mobil tentu dapat membahayakan keselamatan Anda maupun pengemudi lain. Jika sudah begini, tentu Anda harus lekas melakukan pengecekan total pada mobil Anda. Situs Car from Japan menyebutkan akar masalah ini adalah suku cadang mobil yang lain. Beberapa komponen lain mobil yang dapat menyebabkan matinya semua lampu rem adalah sekring, saklar lampu, sein, saklar lampu rem, dan bagian belakang lampu rem. Untuk itu, periksalah satu per satu suku cadang ini sampai Anda menemukan satu komponen yang rusak. Setelah itu, gantilah komponen yang rusak tersebut, atau bawa ke bengkel bila Anda tak begitu paham tentangnya.

Itu dia beberapa masalah umum lampu rem mobil serta cara-cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat menolong Anda, ya.

0 komentar:

Posting Komentar