Minggu, 27 Juni 2021

Baru Menerima Bonus? Alokasikan Dulu untuk Kebutuhan-kebutuhan Ini!

Menerima bonus adalah momen yang paling dinantikan para karyawan. Berapa pun nilainya tetap saja akan terasa spesial karena itu artinya perusahaan menghargai peran serta Anda dan karyawan lain dalam memajukan perusahaan.  Tidak hanya itu, bonus tersebut juga bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, seperti membeli pakaian baru, bahan baku makanan, hingga membayar premi asuransi jiwa kredit kalau sedang mencicil sesuatu. Apalagi jika nominal bonus cukup besar, pasti Anda tertarik untuk membeli berbagai hal dengan uang tersebut.


Namun, tunggu dulu. Meski mendapat bonus dalam jumlah banyak, jangan belikan untuk hal-hal yang kurang diperlukan. Sebelum kalap, ada baiknya Anda memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan berikut:

  • Utang atau cicilan

Utamakan dulu hutang atau cicilan sebelum membeli kebutuhan. Setelah menerimabonus , alokasikan 30%-50% dari keseluruhannya untuk melunasi cicilan. Memang jumlah bonus Anda mungkin langsung berkurang drastis, tetapi setidaknya Anda bisa terbebas dari kredit, pinjaman, cicilan, dan lain sebagainya. Tau minimal beban utang di masa depan Anda berkurang.

  • Beramal

 Daripada menikmati bonus ini untuk hal yang tidak dibutuhkan, mengapa tidak berbagi saja pada orang yang lebih membutuhkan? Tidak perlu terlalu banyak, sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan Anda saat memberi. Sebab, jumlah yang menurut Anda kecil bisa sangat berarti bagi sebagian orang. Jadi bisa lebih bermanfaat kan?

  • Asuransi

Sudah lama ingin membeli asuransi tambahan? Dana dari bonus tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan asuransi yang dibutuhkan. Cek bagaimana cara mendaftar sebagai nasabah, layanan yang diberikan, risiko yang ditanggung, jumlah premi yang dibayar, dan tentunya pengajuan klaim untuk mendapatkan dana pertanggungan.

  • Investasi 

Sekarang, investasi sudah bisa Anda mulai dari ratusan ribu saja. Jadi semestinya bonus yang Anda terima bisa digunakan untuk kepentingan ini. Namun, sebelum memulai, Anda harus merencanakan strategi investasi supaya profit yang diperoleh maksimal. Namun, pastikan memilih instrumen investasi yang aman ya, jangan sampai Anda tertipu investaasi bodong karena tergiur dengan keuntungan besar.

 

Itulah kebutuhan-kebutuhan yang sebaiknya Anda penuhi dengan THR. Kalau masih ada sisa, silakan Anda tabung sebagai cadangan dana darurat atau dana masa depan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar